MAKALAH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Oleh : Suwarji Arto, S. Si
A. Latar Belakang
Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi
berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang
rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh
besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan
aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi
dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu
mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.
Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai
peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk
menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan
perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut
diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan
cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi
banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan
demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi
informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi
proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta
didik dengan lingkungan dan dunia kerja.
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diajarkan sebagai
salah satu mata pelajaran Keterampilan yang pelaksanaannya dapat
dilakukan bersama-sama dengan mata pelajaran keterampilan lainnya
dalam hal ini dengan IPA.
091_20300558_e-learning_suwarji arto 2
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu
tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya
penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsepkonsep,
atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi
peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta
prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam
kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada
pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi
agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah.
Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapat
membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih
mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi
kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat
diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana
untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan. Di tingkat
SMP/MTs diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas
(Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) secara terpadu yang
diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat
suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja
ilmiah secara bijaksana.
B. Inti Permasalahan
Mata pelajaran IPA di SMP/MTs bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut.
1. Meningkatkan keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha
Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam
ciptaanNya
091_20300558_e-learning_suwarji arto 3
2. Mengembangkan pemahaman tentang berbagai macam gejala
alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dan dapat
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
3. Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif, dan kesadaran
terhadap adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA,
lingkungan, teknologi, dan masyarakat
Dari tujuan tersebut jelas sekali ada benang merah antara pelajaran
IPA dengan TIK, maka dari itu pada makalah ini kami akan
memberikan satu permasalahan dalam pelajaran IPA yang dapat
dipermudah dengan bantuan pelajaran TIK. Inti permasalahan pada
maklah ini adalah Konversi suhu dengan program aplikasi MSExcel.
Materi pembelajaran Suhu diberikan di kelas VII semester 1
dengan penekanan siswa dapat mengkonversikan suhu dalam satuansatuan
yang berbeda.
Program aplikasi MS-Excel adalah salah satu program aplikasi yang
diperuntukan pada pengolah angka. Untuk pembelajaran materi Suhu
di tingkat SMP dapat dibantu dengan program aplikasi MS-Excel,
seperti contoh tampilan di bawah ini :
091_20300558_e-learning_suwarji arto 4
Dalam pembelajaran materi Suhu konversi satuan :
a. dari Celcius ke Reamur dirumuskan :
Pada tabel di atas maka di sel C5 ditulis dengan rumus : = 4*B5 / 5
Untuk seterusnya dari C5 didrag ke bawah sampai C14, maka
konversi seluruh data Celcius ke Reamur dapat dilihat dengan
cepat dan tepat.
b. dari Celcius ke Fahrenheit dirumuskan :
Pada tabel di atas di sel D5 ditulis dengan rumus : = (9*B5 / 5) + 32
Untuk seterusnya dari D5 didrag ke bawah sampai D14, maka
konversi seluruh data Celcius ke Reamur dapat dilihat dengan
cepat dan tepat.
c. dari Celcius ke Fahrenheit dirumuskan : K = C + 273
Pada tabel di atas di sel E5 ditulis dengan rumus : = B5 + 273
Untuk seterusnya dari E5 didrag ke bawah sampai E14, maka
konversi seluruh data Celcius ke Reamur dapat dilihat dengan
cepat dan tepat.
Dari contoh di atas dapat dilihat kemudahan yang ditawarkan oleh
program aplikasi MS-Excel untuk membantu perhitungan konversi
suhu, yang secara manual siswa sering mengalami kekeliruan yang
dikarenakan salah menghitung atau menuliskan rumus.
C. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penulisan makalah ini adalah :
1. ada benang merah antara pelajaran IPA dengan TIK
2. program aplikasi MS-Excel memudahkan perhitungan konversi
suhu,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar